TRANSFORMASI
Transformasi
merupakan suatu metode untuk mengubah lokasi suatu titik pembentukobjek,
sehingga objek tersebut mengalami perubahan. Perubahan objek dengan
mengubahkoordinat dan ukuran suatu objek disebut dengan transformasi geometri.
Dalam Transformasi dasar yang akan dibahas meliputi translasi, skala, dan
rotasi
1.
Translasi
Translasi
berarti memindahkan objek sepanjang garis lurus dari suatu lokasi
koordinattertentu kelokasi yang lain tanpa mengubah bentuk objek. Bila suatu
objek terbentuk daribeberapa titik maka bila melakukan translasi akan dikenakan
terhadap setiap titikpembentuk objek tersebut. Untuk melakukan translasi dapat
menggunakan rumus:
x’ = x + tx
y’ = y + ty
Contoh:
Diketahui titik-titik pembentuk
objek segitiga yaiu A(10,10), B(30,10), C(10,30) dengan transformasi
vector (10,20) lakukan trnslasi terhadap objek segitiga tersebut:
Titik A
x’A = xA + tx
y’A = yA + ty
= 10 + 10
= 10 + 20
= 20
= 30
A’(20,30)
Titik B
x’B = xB + tx
y’B = yB + ty
= 30 + 10
= 10 + 10
= 40
= 20
B’(40,20)
Titik C
x’C = xC + tx
y’C = yC + ty
= 10 + 10
= 30 + 20
= 20
= 50
2.
Skala
Skala
digunakan untuk mengubah ukuran suatu objek, bila pada translasi operasi
yangdigunakan adalah penjumlahan sedangkan pada skala operasi yang digunakan
adalah perkalian. Untuk melakukan skala dapat menggunakan rumus:
x’ = x * tx
y’ = y * ty
sx dan sy merupakan nilai dari scaling
factor terhadap sumbu x dan sumbu y.
Contoh :
Diketahui objek segitiga dengan titik
A(10,10), B(30,10), C(10,30) di skala denganscaling factor (3,2).
Titik A
x’A = xA * tx
y’A = yA * ty
= 10 * 3
= 10 * 2
= 30
= 20
A’(30,20)
Titik B
x’B = xB * tx
y’B = yB * ty
= 30 * 3
= 10 * 2
= 90
= 20
B’(90,20)
Titik C
x’C = xC * tx
y’C = yC * ty
= 10 * 3
= 30 * 2
= 30
= 60
C’(30,60)
3.
Rotasi
Rotasi
merupakan pemutaran terhadap suatu objek, rotasi dapat dinyatakan dalam
bentukmatriks. Nilai matriks untuk melakukan rotasi adalah Rotasi suatu
titik terhadap pivot point (xp, yp) menggunakan bentuk trigonometri, secaraumum
dapat ditulis sebagi berikut:
Contoh:
Diketahui titik-titik pembentuk
objek segitiga yaiu A(10,10), B(30,10), C(10,30) dengan sudut rotasi 300
terhadap titik pusat koordinat cartesian (10,10).
Titik A
X’A = Xp + (XA – Xp)Cos 300 – (YA-
YP)Sin 300
= 10 + (10 -10) * 0.9 – (10-10) *
0.5
= 10
Y’A = YP + (XA – XP)Sin 300 + (YA –
YP)Cos 300
= 10 + (10 – 10) * 0.5 + (10 – 10) *
0.9
= 10
A’(10,10)
Titik B
X’B = Xp + (XA – Xp)Cos 300 – (YA-
YP)Sin 300
= 10 + (30 -10) * 0.9 – (10-10) *
0.5
= 28
Y’B = YP + (XA – XP)Sin 300 + (YA –
YP)Cos 300
= 10 + (30 – 10) * 0.5 + (10 – 10) *
0.9
= 20
B’(28,20)
Titik C
X’C = Xp + (XA – Xp)Cos 300 – (YA-
YP)Sin 300
= 10 + (10 -10) * 0.9 – (30-10) *
0.5
= 0
Y’C = YP + (XA – XP)Sin 300 + (YA –
YP)Cos 300
= 10 + (10 – 10) * 0.5 + (30 – 10) *
0.9
= 28
C’(0,28)
ada tutorial invers matriknya gak?
BalasHapusCoding rotasi gmn ya? Kalo translasi kan glTranslated(0,0,0) kalo rotasi gl apa?
BalasHapus